Desain grafis biasa di sebut desain komunikasi, adalah seni dan praktik perencanaan dan memproyeksikan gagasan dan pengalaman dengan konten visual dan tekstual. Bentuk yang dibutuhkan bisa bersifat fisik atau virtual dan bisa termasuk gambar, kata, atau grafis.
Desain Grafis |
Desain grafis biasa di sebut desain komunikasi, adalah seni dan praktik perencanaan dan memproyeksikan gagasan dan pengalaman dengan konten visual dan tekstual. Bentuk yang dibutuhkan bisa bersifat fisik atau virtual dan bisa termasuk gambar, kata, atau grafis. Pengalaman bisa berlangsung dalam sekejap atau dalam jangka waktu yang panjang.
Pekerjaan dapat terjadi dalam skala apapun, mulai dari perancangan logol hingga sistem tanda pos nasional. Hal ini dapat ditujukan untuk sejumlah kecil orang, seperti buku satu atau lebih edisi terbatas atau desain pameran, atau dapat dilihat oleh jutaan orang, seperti juga konten digital dan fisik yang saling terkait dalam sebuah organisasi berita internasional. Bisa juga untuk tujuan apa pun, entah komersial, pendidikan, budaya, atau politik.
Desain yang harus dialami dalam sekejap adalah yang paling mudah dikenali. Perancang mengatur jenis, bentuk, dan gambar pada poster, iklan, paket, dan barang cetakan lainnya, serta visualisasi informasi dan grafik untuk surat kabar dan majalah.
Desain semacam ini sering disalahartikan dengan ilustrasi, namun sementara ilustrator menciptakan atau menggambar gambar sebagai tanggapan atas sebuah gagasan, perancang menggabungkan ilustrasi, foto, dan jenis untuk mengkomunikasikan ide. Salah satu cara untuk memahami hal ini adalah dengan mempertimbangkan perbedaan antara pembuat furnitur dan desainer interior.
Seseorang membuat objek tertentu untuk tujuan tertentu, sementara yang lain memikirkan bagaimana semua benda dan permukaan ruangan menciptakan lingkungan bagi orang yang melewatinya. Para ilustrator yang baik seringkali merupakan desainer yang mampu dan sebaliknya, sehingga sulit membedakan antara dua praktik tersebut.
Grafik gerak sama-sama ditentukan sebelumnya dan dibuat namun dimaksudkan untuk dialami selama rentang waktu yang tetap, seperti kredit pembuka film atau video online yang menjelaskan bagian dari artikel surat kabar. Mereka biasanya melampaui suara visual, curating dan cueing untuk memindahkan grafis vektor, foto, dan video.
Perbedaan antara motion graphics dan videography atau animasi sama dengan perbedaan antara grafis dua dimensi dan ilustrasi. Grafik gerak menggabungkan animasi, videografi, dan tipografi untuk tujuan komunikatif, dan kombinasi ini dari waktu ke waktu dan ruang layar merupakan desain.
Baik fisik atau digital, buku dan majalah dimaksudkan untuk dinikmati dari waktu ke waktu, di mana pembaca memiliki kendali atas kecepatan dan urutan pengalaman. Di buku, konten biasanya hadir sebelum disain, sedangkan di majalah, disain adalah struktur yang mengantisipasi konten tertulis dan visual yang belum diciptakan.
Beberapa situs komersial atau katalog pameran juga sesuai dengan kategori ini, seperti juga pameran museum digital atau fisik yang menunjukkan informasi yang tidak berubah. Semua memiliki konten dalam urutan yang disarankan yang telah dipikirkan sebelumnya, namun pengguna atau pembaca menemukan jalannya sendiri melalui materi.
0 Comments
Post a Comment