Contoh Penerapan Multimedia dalam Kehidupan sehari-hari

Semakin berkembangnya teknologi dengan pesat kehidupan sehari-hari manusia tidak bisa lepas dari yang namanya multimedia. Kenapa hal ini bisa terjadi?, Karena dalam kehidupan sehari-hari manusia membutuhkan sesuatu yang sangat praktis dan cepat. 
Contoh Penerapan Multimedia dalam Kehidupan Sehari-hari
Penreapan Multimedia
Seperti halnya bisnis yang sangat memerlukan ketepatan waktu tetapi dengan adanya multimedia bisnis bisa dilakukan dengan cepat. Hal apa saja yang diterapkan multimedia dalam kehidupan sehari-hari. Penerapan multimedia menurut Vaughan, dalam kehidupan sehari-hari manusia, Terbagi menjadi empat Bagian Diantaranya :

1) Bisnis

Aplikasi multimedia dalam bisnis meliputi sebuah presentasi, pengajaran, pemasaran, periklanan, demo produk, database, catalog, instant message dan komunikasi jaringan. Tidak ketinggalan video conference atau sebuah kesepakatan antara dua perusahaan, yang memungkinkan adanya tatap muka tanpa harus berada didalam suatu tempat yang sama.

Dengan adanya sebuah aplikasi multimedia inilah, perusahaan - perusahaan dapat menjalani bisnisnya lebih lancer dan tidak perlu lagi ada kendala dalam menyampaikan sebuah informasi.

2) Pendidikan atau edukasi

Aplikasi multimedia dalam bidang pendidikan ini mengubah proses belajar mengajar yang konvensional menjadi lebih menarik dan interaktif, sehingga proses belajar mengajar tidak terlalu monoton seperti selama  ini yang dilakukan disekolah-sekolah pada umumnya. Contohnya seperti aplikasi multimedia untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak-anak.

Aplikasi tersebut dapat disisipkan animasi-animasi yang tentunya menarik bagi anak-anak sehingga dapat membantu meningkatkan minat mereka dalam membaca maupun belajar hal lainnya. Dan juga aplikasi multimedia bisa di gunakan untuk melakakukan ujian online seperti Kahoot.it

3) Rumah  

Aplikasi multimedia dalam rumah sangat beranekaragam. Contohnya Kaset yang berisis data yang menggunakan CD-ROM atau DVD-ROM sebagai alat penyalur multimedia. Terdapat juga mesin-mesin permainan atau console game yang  menggunakan televisi sebagai penyalur multimedia, seperti : Sega, Nintendo, playstation, x-box, dan Komputer dimana semua permainannya menggunakan komponen-komponen multimedia.

4) Tempat umum  

Aplikasi multimedia di tempat-tempat umum dapat berupa kios informasi seperti yang terdapat pada hotel-hotel, pusat perbelanjaan, museum, pusat hiburan dan sebagainya. Aplikasi-aplikasi tersebut dapat berguna untuk memberikan informasi-informasi dan bantuan mengenai tempat yang bersangkutan. Misalnya kios informasi pada pusat hiburan yang memberikan letak-letak suatu toko atau sarana hiburan yang terdapat didalam cakupan wilayah kios informasi tersebut Dan juga bisa berupa pamflet atau sebuah banner  dan juga poster periklanan.

Jadi kesimpulannya adalah penggunaan multimedia harus di terapkan mulai dari sekarang karena akan sangat bermanfaat bagi kita.

0 Comments

Post a Comment